Google Segera Kembangkan Bisnisnya ke Pasar Hardware, Saingi iPhone Dengan Meluncurkan Smartphone Android Merek Sendiri

Smartphone Android Merek Google

Baturaja Today - Google lebih dikenal sebagai perusahan raksasa mesin pencari, kini Google dikabarkan akan meluncurkan smartphone Android dengan merek sendiri. Hal ini akan memperkuat kontrol akan sistem operasi yang mereka buat, Android.

Perusahaan mesin pencari tersebut juga dikabarkan siap menyaingi iPhone milik Apple dengan produk terbarunya ini. Jika Google membuat hardware sendiri untuk Android, smartphone Android buatan Google ini nantinya dapat menjadi pesaing langsung dari iPhone.

Dimana, menurut laporan yang beredar di awal tahun ini, dari sumber tanpa nama yang dilaporkan mengirim pesan dari alamat IP terletak dekat dengan kampus Google. Laporan tersebut mengklaim bahwa Google merasa "kesal" dengan persepsi bahwa iPhone Apple adalah satu-satunya handset "premium" di pasar.

Meskipun Android menguasai pasar smartphone yang terjual di dunia, Apple masih mendominasi pasar smartphone kelas atas. Selama ini, vendor smartphone biasanya melakukan kustomisasi sendiri pada Android. Hal inilah yang membuat Google kesulitan menjamin konsistensi Android. Terkadang, pengguna Android harus menunggu berbulan-bulan sebelum mereka mendapatkan update terbaru. Beberapa vendor bahkan menggantikan layanan internet yang disediakan oleh Google.

"Mereka khawatir Android mulai terpecah belah. Mereka merasa, Android seharusnya dapat menjadi platform yang lebih dapat dikendalikan," kata seorang analis CCS Insight, Ben Wood. "Saya rasa mereka ingin dapat mengontrol Android, sama seperti yang dilakukan oleh Apple."

Namun, berbeda dengan Apple, Google tidak ikut campur dalam hal manufaktur smartphone dan hanya fokus untuk mengembangkan Android. Dengan membuat smartphone miliknya sendiri, Google tidak hanya dapat mengendalikan software dari smartphone tersebut, tapi juga memastikan bahwa layanan dari Google seperti search engine dan aplikasi Google Play Store akan tersedia di perangkat itu.

Langkah Google untuk masuk ke pasar hardware dengan meluncurkan smartphone Android merek sendiri, dikatakan bahwa Google akan memiliki kontrol atas desain terpisah dari perangkat lunak. Seperti dikutip Telegraph, Senin (27/6), salah satu orang dalam Google mengungkapkan bahwa handset baru bermerek Google akan memperpanjang langkah perusahaan ke dalam perangkat keras.

Google sedang berdiskusi dengan operator
mobile untuk meluncurkan ponsel dengan merek Google. Hal ini akan membuat Google masuk ke dalam pasar hardware, begitu kata beberapa narasumber pada The Telegraph. Google juga telah bekerja sama dengan beberapa rekan seperti LG dan Huawei untuk membuat jajaran Nexus.

Perangkat buatan Google ini, menurut seorang narasumber senior, akan diluncurkan di akhir tahun. Dalam proses pembuatan perangkat ini, Google akan membuat desain, bertanggung jawab atas manufaktur dan software dari
smartphone tersebut.

Sebenarnya, ini bukan rencana baru Google merilis ponsel sendiri. CEO Google Sunder Pichai, telah membuat berbagai rencana untuk memproduksi smartphone bermerek Google dan telah menekankan bahwa perusahaan akan terus bekerja sama dengan berbagai mitranya seperti Nexus. Google telah mencoba tangan dengan perangkat manufaktur dengan tablet Pixel C-nya yang diproduksi oleh Mountain View raksasa tersebut dan diluncurkan bersama Nexus 6P dan Nexus 5X tahun lalu. Google sedang dalam pembicaraan dengan pembuat chipset tahun lalu untuk memproduksi prosesor yang dirancang khusus.

Memang selama ini, Google lebih dikenal dengan software layanan internet yang mereka tawarkan. Namun, beberapa tahun belakangan, mereka telah mulai masuk ke ranah hardware dengan meluncurkan tablet, laptop dan gadget lain.

Di akhir bulan April lalu, Google kembali mempekerjakan Rick Osterloh, mantan President Motorola untuk memimpin divisi hardware. Hal ini menunjukkan ambisi Google untuk memasuki pasar perangkat keras saingi Apple (enny).
Share on Google Plus

About Admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.