Tahun ini Pendaftar Calon Mahasiswa AKN (Akademi Komunitas Negeri) Baturaja Meningkat

AKN Baturaja, Kabupaten OKU
Gambar: Kuliah Perdana Mahasiswa AKN Baturaja
Baturaja Today - Sejak pertama berdiri pada tahun 2015 lalu, peminat calon mahasiswa Akademi Komunitas Negeri (AKN) Baturaja, Kabupaten OKU sudah terlihat begitu tinggi. Terbukti pada saat pertama membuka pendaftaran calon mahasiswa baru angkatan pertama AKN Baturaja TA 2015/2016, tercatat ada 121 pendaftar. Mengingat pada tahun ajaran pertamanya itu AKN Baturaja hanya mampu menerima 72 mahasiswa untuk dua program studi.

Kami sampaikan kembali, Akademi Komunitas Negeri Baturaja adalah perguruan tinggi dari rintisan Program Studi Diluar Daerah (PDD) Politeknik Negeri Sriwijaya milik Kemdikbud dibawah naungan Dirjen Pendididkan Tinggi. AKN Baturaja menjadi akademi komunitas pertama milik negeri di pulau Sumatera dan ke 9 se-Indonesia. Direncanakan AKN Baturaja ini nantinya akan memiliki kampus sendiri di lokasi gedung eks SD Model keluarahan Baturaja Permai. Saat ini kelas belajarnya masih menumpang di dua tempat yaitu menggunakan ruang kelas SMKN 1 OKU dan SMKN 3 OKU, sebagaimana yang pernah diutarakan oleh ketua PDD AKN Baturaja, Drs. H. Mahyuddin Helmi MM.

Di tahun ajaran keduanya ini, AKN Baturaja kembali menerima mahasiswa baru TA 2016/2017 untuk program pendidikan Vokasi DII.

Sama seperti tahun sebelumnya, program studi yang tersedia adalah Teknik Sipil Survei Pemetaan dan Akutansi Keuangan. Saat dibuka pendaftaran beberapa waktu lalu, sebanyak 160 calon mahasiswa mendaftar di AKN Baturaja. Jumlah pendaftar tersebut yaitu 60 pendaftar untuk prodi Teknik Sipil Survey Pemetaan, dan sisanya 100 pendaftar untuk prodi Akuntansi Keuangan.

“Ternyata tahun ini peminatnya naik. Jurusan Akutansi keuangan yang paling banyak peminatnya,” ungkap ketua PDD AKN Baturaja, Drs. H. Mahyuddin Helmi MM melalui Koordinator Pelaksana PDD AKN Baturaja, Drs. Arief Basuki MT.

Sebanyak 160 calon mahasiswa tersebut dijadwalkan akan mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) pada 30 Agustus mendatang di SMKN 1 OKU. “Dari seleksi tersebut, hanya diambil 48 calon mahasiswa untuk setiap jurusan,” jelas Arief.

Ditambahkan Arief, untuk fasilitas dan peralatan belajar mengajar dipasok oleh Kemenristek Dikti. Ia menyebutkan, bahwa sebagian besar biaya perkuliahan juga ditanggung Kemenristek Dikti.

Dari Rp2.500.000 biaya perkuliahan, mahasiswa hanya diwajibkan membayar Rp250.000 per semester. Mengenai pengajar, dosen di AKN Baturaja berasal dari OKU sendiri dan dosen dari Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri).

“Untuk tahun ini, batas usia maksimal adalah 21 tahun dan belum bekerja. Berkaca dari pengalaman tahun sebelumnya, banyak mahasiswa yang tidak bisa kuliah karena bekerja. Kami ingin mencari yang benar-benar ingin kuliah, karena mereka hanya membayar Rp250.000/semester dari Rp2,5 juta,” sambung Arief.

Pembangunan Akademi Komunitas Negeri di Baturaja ini bertujuan agar terciptanya tenaga kerja yang lebih terampil, guna menyerap tamatan SMA/SMK/MA, dan mengurangi pengangguran di Kabupaten OKU (ari).
Share on Google Plus

About Jbrothers Media Group

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.