Baturaja Today: Selamat Ulang Tahun Google, Yang ke-18

Google Ulang Tahun Yang ke-18

Baturaja Today - Hari ini Google genap berusia 18 tahun. Pada peringatan usianya yang ke-18, perusahaan teknologi raksasa tersebut membuat Doodle khusus. Di laman utamanya, Google memajang gambar Doodle yaitu berupa gambar animasi berisi warna-warni ceriam bersama dengan hiasan dan dekorasi yang biasanya digunakan dalam sebuauh pesta ulang tahun. Menurut informasi yang dilansir dari Google, gambar ini didesain oleh Gerben Steenks.

Kendati demikian, perusahaan yang dibangun oleh Larry Page dan Sergey Brin ini sebelumnya sempat merayakan ulang tahunnya pada setiap 26 September sejak 2016. Yang lebih aneh, Doodle ultah Google malah muncul pada 7 September di 2004. Dan pada tahun sebelumnya, ulang tahun Google malah pernah dirayakan pada 8 September.

Google harus beberapa kali mengubah tanggal ulang tahunnya itu ke tanggal lain, alasannya karena berbagai hal seperti misalnya untuk mengumumkan capaian jumlah laman yang telah terindeks oleh mesin pencarinya itu.

Perusahaan sendiri mencatat sejarah pembangunannya pada 4 September 1998. Ide Google sendiri sebenarnya muncul pada 1996 sebagai proyek Page dan Brin di Stanford University. Kala itu, keduanya memiliki ide untuk memberikan peringkat untuk halaman berdasarkan seberapa banyak halaman tersebut dihubungkan padanya dibanding berdasarkan urutan waktunya. Google juga memiliki kemampuan untuk memberi peringkat berdasarkan seberapa sering halaman tersebut dicari.

Sementara untuk perayaan ulang tahunnya sendiri, Google mengakui bahwa mereka telah berganti-ganti tanggal ulang tahunnya di bulan September. Namun, mereka mulai membuat Doodle ulang tahun sejak 2002. Demikian sebagaimana dilaporkan The Telegraph, Selasa (27/09).

Google, saat ini menjadi salah satu perusahaan internet dan teknologi terbesar di dunia, dengan berbagai produk yang sukses. Selain mesin pencarinya yang menjadi awal mula perusahaan ini, Google juga sukses dengan layanan lain seperti Gmail, Adwords, Adsense, Youtube, Android, dan masih banyak lagi layanan Google lainnya (ari).
Share on Google Plus

About Jbrothers Media Group

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.