BSM Cabang Baturaja Kucurkan Dana CSR Bantuan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 20 Unit Rumah di Kelurahan Kemalaraja

BSM Cabang Baturaja Kucurkan Dana CSR Bantuan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 20 Unit Rumah di Kelurahan Kemalaraja

Baturaja Today - Sedikitnya ada 20 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di kelurahan Kemalaraja kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dalam waktu dekat akan segera direhab. Hal itu akan terlaksana seiring turunnya kucuran dana CSR Bank Syariah Mandiri (BSM) cabang Baturaja. PT Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Baturaja melalui program CSR-nya senantiasa berupaya mewujudkan kepedulian lingkungan dan masyarakat sekitar, yaitu berupa bantuan dana program rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten OKU.

Berdasarkan pantauan kami dilapangan, menurut Area Manager BSM Palembang, menjelaskan, dana program RTLH tersebut telah diserahkan kepada Bupati OKU Drs H Kuryana Azis di Kantor Cabang BSM Baturaja, Jumat (30/12) lalu.

Penyerahan disaksikan Kepala Cabang BSM Baturaja Rini Andriati dan dihadiri juga Assiten I Pemkab OKU Mirdaili SSTP Msi, Kadin Perumahan dan Kawasan Pemukiman Ir H Ulia Mahdi MM, Kaban Pengelolaan Keuangan dan Aset Negara Hanafi SE.

Area Manager BSM Palembang Lukman Gunadi Tjili didampingi Kacab BSM Baturaja Rini Andriati dalam laporannya mengatakan bantuan yang diberikan ke Pemkab OKU ini berjumlah Rp 300 juta yang diperuntukkan bagi 20 KK penghuni Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Dikatakan Lukman Gunadi, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian BSM terhadap lingkungan terutama masyarakat di sekitar kantor BSM. Lebih jauh Lukman Gunadi mengatakan bantuan ini adalah bagian dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) BSM tahun 2016 yang khusus dialokasikan untuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan.

Menurutnya, dalam melaksanakan aktivitasnya perusahaan tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden, tetapi juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang.

Terpisah Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten OKU Ir H Ulia Mahdi MM didampaingi Sekretaris Hasan HD Ssos MSE mengatakan, 20 rumah yang masuk program bedah rumah ini sudah melalui survei dari Tim Kotaku.

Kreteria penerima bantuan program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) meliputi rumah harus berada dilokasi pusat kota Baturaja (dalam hal ini di kelurahan Kemalaraja), dinding rumah tidak layak, lokasi rumah tidak berada dilokasi bencana, rumah tidak memiliki WC, bangunan tidak berada dilahan sengketa, dan rumah yang masih berlantai tanah.

Lebih jauh H Hasan menjelaskan, lokasi rumah yang mendapat bantuan rehab total dari dana CSR BSM memang lokasinya ditempat di pusat kota. Saat ini 20 bangunan rumah tidak layak huni ini sudah dikepung oleh bangunan-bangunan bertingkat pusat pertokohan megah. Sehingga kesan kumuh memang patut dihilangkan untuk mewujudkan Kota Tanpa Kumuh, BSM memberikan bantuan Rp 15 juta per unit rumah yang masuk kriteria. Pengerjaan rehab ditargetkan hanya memakan waktu satu bulan saja, setelah itu kota Baturaja sebagai kota yang berkembang akan terlihat lebih maju dan modern tanpa kumuh (ari).
Share on Google Plus

About Jbrothers Media Group

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.